nusakini.com-- Sebanyak 517 orang lolos yang dinyatakan lolos seleksi administrasi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu akan mengikuti seleksi tertulis pada Selasa, (5/12) pagi i di Gedung BPSDM Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Kalibata. 

Ketua Tim Seleksi (Timsel) KPU-Bawaslu, Saldi Isra menyampaikan, para peserta akan mengikuti tes tertulis yang dibagi dalam tiga kategori. Pertama, para peserta akan diberikan soal berupa pilihan ganda. Soal tersebut seputar pengetahuan umum. 

"Mengetahui secara eksak tentang kepemiluan," ujar Saldi usai mengikuti rapat Timsel di Hotel Santika Premier Jakarta kemarin. 

Kedua, tes sebab akibat. Melalui tes ini para peserta akan digali pengetahuan dan pemahamannya dengan cara menganalisis persoalan-persoalan terkait kepemiluan. Ketiga, soal yang berupa jawaban tertulis atau esay. Tes ini guna mengetahui pengetahuan umum dan berargumentasinya. 

"Nanti ada pembedaan soal calon KPU dan Bawaslu, sebab ladang kewenangannya beda, yakni penyelenggaraan dan pengawasan kasus, lalu menjelaskan kasus sesuai kewenangan yang dimiliki," kata dia. 

Para peserta yang telah dinyatakan lulus syarat administrasi juga diwajibkan membuat makalah. Makalah personal tersebut harus diserahkan kepada Tim Seleksi pada hari pelaksanaan tes tertulis. Kemudian tes psikologi akan dilaksanakan keesokan harinya, Rabu (7/12). 

Sedangkan tes kesehatan kloter I akan dilaksanakan pada Sabtu (10/12) pukul 07.00 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jalan Dokter Abdul Rahman Saleh Nomor 24, Jakarta Pusat. Adapun Keterangan lebih lanjut dapat dilihat pada laman: www.kemendagri.go.id. (p/ab)